Apa Itu Diet Keto : Mendobrak Mindset Pola Makan

Apakah anda termasuk orang yang susah diet? Kalau menjalani diet termasuk hal berat bagi anda, bagaimana kalau menjalani diet tanpa rasa lapar? Diet  keto bisa termasuk enak, bahagia, menyenangkan (DEBM). Dimana anda hanya perlu merubah pola makan ketimbang mengurangi porsi makan anda. Emang ada diet macam itu? Ada. Namanya diet keto. Apa itu? Silahkan teruskan membaca artikel ini.

Apa Itu Diet Keto?

Mungkin anda sudah pernah mendengar kata ini, atau mungkin ada kerabat anda yang sudah menjalaninya. Nah, daripada bingung apa itu diet keto, berikut penjelasannya.

Definisi Singkat

Diet Keto atau juga sering disebut Ketogenic adalah jenis diet tanpa rasa lapar yaitu dengan mengurangi asupan karbohidrat dan gula dengan jumlah yang sangat signifikan dan menggantinya dengan protein/lemak. Diet ini menjadikan tubuh berfungsi sebagai pembakar lemak dimana dengan berkurangnya asupan karbo dan gula, tubuh akan memproduksi Ketones yaitu bahan bakar energi yang dihasilkan dengan memanfaatkan lemak dalam tubuh. Ada banyak nama yang dipakai untuk diet jenis ini antara lain: diet keto, ketogenic, diet low carb (rendah karbo), LCHF (low carb, high fat) dan sebagainya.

Apabila kita mengkonsumsi makanan dengan kadar karbohidrat tinggi seperti nasi, kentang atau tepung maka tubuh kita akan menghasilkan glukosa dan insulin. Glukosa dipakai tubuh untuk memproduksi energi sementara insulin dibutuhkan untuk membagi-bagikan glukosa ke seluruh tubuh melalui aliran darah. Karena glukosa adalah bahan yang selalu dipakai sebagai bahan bakar utama untuk memproduksi energi, lemak yang ada dalam tubuh tidak terpakai sehingga selalu tersimpan. Lemak yang tersimpan selama bertahun-tahun inilah yang nantinya menimbulkan masalah penyakit. Nah, dengan mengurangi karbohidrat dan gula maka tubuh akan otomatis memproduksi Ketones seperti sudah disebut diatas. Proses perubahan ini dinamakan ketosis.

Tanpa rasa lapar

Ketosis adalah sebuah proses alami dimana tubuh menggunakan lemak sebagai bahan bakar alternatif untuk energi ketika asupan karbohidrat dan/ gula berkurang. Dan karena sekarang lemak yang menjadi bahan bakar utama, maka asupan lemak harus terus terjaga.

Tujuan Utama Diet Keto

Inilah yang menjadi tujuan utama diet Keto, yaitu menjaga tubuh selalu dalam lingkaran metabolisme ketosis. Jadi bukan dengan mengurangi lemak dan protein seperti diet yang umum diketahui tapi dengan dengan mengurangi karbohidrat dan gula.

Tubuh manusia akan beradaptasi dengan kondisi ini, apabila kita membiasakan mengurangi atau menghilangkan karbohidrat dan gula lalu meningkatkan asupan protein dan lemak, maka tubuh akan menyesuaikan dengan kondisi ini dan akan mulai membakar lemak untuk dipakai sebagai bahan bakar energi. Diet Keto dengan level yang optimal akan meningkatkan kesehatan  dan mengurangi berat badan karena lemak yang bertumpuk ditubuh akan hilang.

Kesimpulan

Jadi inti dari diet keto adalah mengganti karbo dan gula dengan protein dan lemak. Anda tidak perlu mengurangi porsi makanan yang anda konsumsi. Anda juga tidak perlu menahan lapar, pada diet keto anda bisa makan dengan porsi secukup anda merasa kenyang. Anda hanya perlu menghindari makanan jenis karbohidrat tinggi seperti nasi dan kentang. Untuk makanan yang mengandung tepung, anda bisa menggantinya dengan jenis tepung yang cocok untuk diet keto seperti tepung almond.

Bagi anda yang ingin mencoba diet ini, anda bisa menemukan beberapa jenis makanan yang cocok untuk diet keto pada kategori menu Keto di website ini.

Sumber 1

Sumber 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *