Makanan Yang Disarankan Untuk Diet Keto

Seperti diet pada umumnya, ada beberapa jenis menu makanan yang disarankan apabila anda menjalani diet keto. Berikut adalah jenis makanan untuk diet keto yang memiliki nilai persentase karbohidrat 100 gram per penyajian. Nilai total karbohidrat ini tidak termasuk kandungan serat. Serat termasuk yang aman dikonsumsi pelaku diet keto karena tidak mempengaruhi tingkat gula dalam darah.

Tabel Kandungan Karbohidrat Pada Makanan

Berikut adalah tabel kandungan karbohidrat yang terkandung pada makanan yang biasa dikonsumsi pelaku diet keto :

Jenis makanan Kandungan Karbohidrat (%)
Lemak alami (butter, minyak zaitun/olive oil, dll) 0
Daging 0
Ikan dan makanan laut 0
Keju 1
Telur 1
Sayuran dan Buah yang tumbuh diatas tanah (bukan jenis akar-akaran) 1-5

Angka diatas per 100 gram penyajian

Dari tabel diatas, yang perlu diperhatikan adalah jenis makanan yang memiliki tingkat karbo diatas 1% seperti sayuran dan buah-buahan.

Tabel Kandungan Karbohidrat Pada Sayuran

Banyak orang berpikir dengan menjadi vegetarian kita akan sehat. Hal ini memang betul. Dengan syarat, kandungan gula yang dikonsumsi lewat sayur dan buah-buah itu juga diperhatikan. Berikut tabel informasinya,

Jenis Sayuran Kandungan Karbohidrat (%)
Bayam 1
Letus, Asparagus, Alpukat 2
Kubis, Zaitun, Tomat, Ketimun, Terung, Oyong, Paprika Hijau 3
Brokoli, Sawi, Kembang Kol, Kacang Panjang, Paprika merah 4
Toge, Paprika Kuning 5
Wortel, Bawang, gandum 7
Ubi jalar 13
Kentang 15
Kentang manis 17
Sumber Angka diatas per 100 gram penyajian

Tabel Kandungan Karbohidrat Pada Buah

Bagaimana dengan buah? Perlu diingat, buah yang rasanya manis sudah pasti mengandung gula. Bahkan buah pisang yang tidak terlalu manis pun mengandung karbo dengan persentase cukup tinggi yaitu di angka 20. Berikut adalah tabel kandungan karbo pada buah yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia.

Nama Buah Kandungan Karbohidrat (%)
Rasberi, blackberry 5
Stroberi, kelapa, Lemon 6
Melon 7
Jeruk, Semangka, Ceri 10
Apel, Pir, Kiwi, nanas, 12
Mangga 13
Anggur 16
Pisang 20
Angka diatas per 100 gram penyajian

Hal Yang Perlu Diingat

Hal terpenting untuk diingat agar segera bisa memasuki masa ketosis adalah menghindari asupan gula yang berlebihan. Apabila konsumsi karbohidrat lebih dari 50 gram perhari, maka kondisi tersebut terhitung berlebihan untuk pelaku diet keto. Batas maksimal adalah 50 gram perhari, batas ideal adalah 20 gram perhari. Apabila anda bisa mengatur sampai dibawah 20 gram perhari, diet keto anda akan makin efektif.

Apabila dilihat pada tabel, makanan yang memiliki kandungan karbo sampai di angka 5 masih termasuk aman dikonsumsi pelaku diet keto, angka 6 sampai 15 tidak disarankan, sedangkan angka 16 keatas akan menggagalkan diet keto anda.

Untuk membantu ide makanan apa yang bisa anda konsumsi sebagai pelaku diet keto yang masih baru, silahkan buka halaman Menu Diet Keto 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *