Manfaat Menjalani Diet Keto

 

 

Ada banyak manfaat dalam menjalani diet keto. Menurut pengalaman pelaku diet keto, manfaatnya mulai dari penurunan berat badan, meningkatkan energi sampai bisa aplikasikan sebagai terapi pengobatan. Dibawah ini kami jabarkan beberapa diantaranya :

Turun Berat Badan

Diet ketogenik memanfaatkan lemak yang sudah ada dalam tubuh sebagai bahan bakar menggantikan gula (yang didapat tubuh dari mengkomsumsi karbohidrat). Di diet keto, tingkat insulin anda (hormon yang menyimpan lemak) turun dengan signifikan, menjadikan tubuh anda mesin pembakar lemak.

Secara ilmiah, diet keto menawarkan hasil yang lebih baik dibanding dengan jenis diet “mengurangi lemak – menambah karbohidrat” dalam periode jangka panjang sekalipun.

Mengontrol Gula Darah

Secara alami, keto mengurangi tingkat kandungan gula darah sehubungan dengan jenis makanan yang anda konsumsi. Bahkan ada penelitian bahwa diet keto lebih efektif dalam mencegah diabetes dibanding diet “kalori rendah”.

Lebih Fokus

Ketones adalah bahan bakar yang bagus untuk otak. Ketika anda mengurangi asupan karbohidrat, anda terhindar dari lonjakan kandungan gula dalam darah. Ketones dan kadar gula darah yang rendah ini akan meningkatkan konsentrasi dan fokus anda.

Meningkatkan Energi dan Daya Tahan Tubuh

Dengan memberikan sumber energi yang lebih baik dan lebih bisa diandalkan, tubuh akan memiliki energi yang sangat cukup untuk rutinitas anda. Lemak merupakan zat yang paling efektif untuk dipakai sebagai bahan bakar energi. Selain itu, bahan bakar energi dari lemak lebih tidak cepat habis dibanding dari karbohidrat sehingga anda tidak cepat merasa lelah.

Mengontrol Kolesterol dan Tekanan Darah

Diet keto meningkatkan konsetrasi partikel HDL dan mengurangi tingkat LDL dalam darah. Banyak penelitian yang juga menunjukan bahwa pelaku diet keto memiliki tingkat tekanan darah yang llebih bagus dibanding diet lainnya. Beberapa kasus penyakit tekanan darah memiliki hubungan dengan masalah berat badan, dengan diet ini anda bisa mendapatkan kedua keuntungan ini sekaligus.

Mengontrol Selera Makan

Dalam keto anda akan bisa mengontrol selera makan anda. Ketika tubuh anda membakar lemak setiap saat, terlebih ketika anda menjalankan diet ini dari kondisi overweight. Tubuh anda akan memiliki cadangan bahan bakar yang banyak sehingga mengurangi rasa lapar. Ini adalah pengalaman yang biasa dialami oleh pelaku keto dan sudah terbukti secara ilmiah.

Hal ini menjadikan lebih mudah untuk makan lebih sedikit dan mengurangi berat badan – anda tidak perlu makan kecuali ketika anda lapar. Banyak pelaku keto yang yang hanya makan 2 kali sehari ( tanpa sarapan) beberapa malah cukup sekali sehari.

Angka 2 kali sehari diatas bukanlah harga mati. Ingat, anda hanya perlu makan ketika merasa lapar. Tidak perlu menahan lapar, dan tidak perlu makan seperti takut akan kelaparan. Anda hanya perlu jujur terhadap diri sendiri. Tanyakan ini ke diri anda sebelum makan, “ apakah saya benar-benar merasa lapar atau hanya ingin makan?”. Apalagi anda sadar baru makan 3 jam lalu.

Kemampuan mengontrol selera makan akan membantu mengurangi rasa ketergantungan pada gula dan makanan. Secara psikologi, makanan bukan lagi musuh diet anda dan sekarang menjadi teman – atau sederhananya menjadi bahan bakar energi, kapanpun diperlukan.

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *