Seberapa Batas Aman Kadar Karbohidrat Dalam Diet Keto?

 

Perlu di jelaskan disini, diet keto adalah mengurangi kadar karbohidrat. Bukan menghilangkan. Dalam diet keto, anda masih memerlukan karbohidrat dalam jumlah tertentu agar insulin di tubuh tetap bekerja. Nah seberapakah batas aman kadar karbohidrat dalam diet keto? Berikut penjelasannya.

3 tingkatan kandungan asupan karbohidrat dalam diet keto:

  1. Mengkonsumsi 50 – 100 gram karbohidrat perhari. Ini biasa dilakukan oleh pemula atau yang masih coba-coba melakukan diet keto. Dengan pola makan ini, hanya 10% – 20% dari total energi yang dihasilkan tubuh didapat dari asupan karbohidrat, selebihnya dari protein. Bayangkan kalau sebelumnya tubuh mendapat 100% energi dari karbohidrat. Disini terlihat perbedaan mencolok yang sudah harus diadaptasi tubuh. Terus terang, banyak pemula yang sudah tumbang hanya di tingkatan ini.
  2. Mengkonsumsi 20 – 50 gram karbohidrat perhari. Level ini dilakukan mereka yang sudah terbiasa dengan level sebelumnya dan biasanya sudah mulai terbiasa dengan pola hidup keto. Di fase ini 4% – 10% dari total energi yang dihasilkan tubuh berasal dari karbohidrat.
  3. Mengkonsumsi 0 – 20 gram karbohidrat perhari. Yang menjalani level ini adalah mereka yang sudah memiliki dedikasi tinggi dalam diet keto. Kaum “hardcore” ini mendapatkan hampir seluruh energinya dari asupan protein dan lemak atau 0 – 4% saja yang berasal dari karbohidrat.

Seperti sudah disebut pada awal tulisan, tubuh manusia masih perlu karbohidrat agar insulin tubuh tetap bekerja. Ukuran 0 gram pada poin 3 bukan berarti tidak makan karbohidrat sama sekali karena walau diinginkan, akan sangat sulit dilakukan. Apabila anda konsumsi 1 buah pisang dan di hari yang sama dan tidak konsumsi karbohidrat lain, inipun termasuk hitungan 0 gram karbohidrat.

Diet keto yang benar adalah anda mendapatkan energi dengan membakar kandungan lemak dalam tubuh. Ada 2 sumber bahan bakar energi manusia : Karbohidrat dan Lemak. Dengan mengurangi kandungan karbohidrat, tubuh akan mengambil lemak sebagai bahan bakar energi. Lemak yang diambil bisa berasal dari yang sudah tersimpan dalam tubuh atau dari makanan. Ini yang menjadikan diet keto juga sering disebut LCHF (Low Carb High Fat – rendah Karbo Tinggi Lemak).

Seberapa banyak lemak yang harus dikonsumsi? Sebanyak yang anda rasa nyaman. Makan ketika anda lapar, stop makan setelah kenyang. Sesederhana itu.

Lalu Seberapa Batas Aman Kadar Karbohidrat Untuk Pelaku Diet Keto?

Jawaban sederhananya adalah, sesuai dengan keinginan dan seberapa kuat tubuh anda melakukan adaptasi. Untuk anda yang baru, bisa mulai dengan maksimal 100 gram/hari. Lakukan sampai tubuh anda beradaptasi dan anda merasa nyaman. Lalu anda bisa coba kurangi lagi menjadi 40 gram, lalu lihat perkembangannya. Apabila tubuh masih bisa beradaptasi, berarti anda sudah masuk ke poin 2. Apabila tubuh bereaksi tidak wajar, anda bisa kembali ke tingkatan 100 gram.

Saran Untuk Pemula

Bagi yang baru ingin mulai menjalankan diet keto, disarankan untuk selalu konsultasi dengan tenaga medis kepercayaan anda. Selain itu anda juga perlu mengadakan kontak dengan komunitas pelaku diet ini terlebih pada fase-fase awal anda menjalankannya. Mengapa? Karena banyak pemula yang karena ketidaktahuannya menghentikan program diet nya dikarenakan merasa perubahan yang tidak nyaman di tubuhnya. Nah, ada perubahan yang memang normal terjadi ketika tubuh beradaptasi dengan pola makan yang baru. Ada juga yang tidak normal, oleh karena itu komunikasi dengan para pelaku diet Keto sangat disarankan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *